Wednesday, February 29, 2012

MANFAAT BUAH MANGGA BAGI IBU MENGANDUNG


MANFAAT BUAH MANGGA BAGI IBU MENGANDUNG

Buah mangga terutama mangga yang masih muda dapat mengatasi rasa mual. Mangga muda dan matang, manakah yang lebih baik? Apa saja manfaat dan kandungan gizi yang terdapat pada buah mangga.

Buah dan sayuran sangatlah penting untuk dikonsumsi terutama saat hamil kerana kaya akan nutrisi. Alangkah baiknya kita mengetahui kandungan nutrisi makanan maupun minuman yang kita konsumsi agar kita tidak ragu lagi untuk mengkonsumsinya kerana baik untuk kesehatan. Kali ini mommeworld akan berusaha mengupas apa saja manfaat buah mangga untuk ibu hamil.

Gizi yang terkandung didalam serta manfaat buah mangga antara lain :

* Serat yang tinggi.
Serat sangat diperlukan tubuh untuk kelancaran pencernaan. Keluhan ibu hamil seperti sembelit dapat teratasi dengan cukupnya konsumsi serat baik serat larut maupun tidak larut air. Bila pencernaan kita tidak lancar, maka penyerapan nutrisi oleh tubuh akan terganggu. Untuk menambah dos serat setiap harinya, dianjurkan untuk mengkonsumsinya sedikit demi sedikit. Penambahan porsi serat secara tiba-tiba akan menimbulkan kelebihan gas dalam perut sehingga membuat kita tidak nyaman.

* Kalium/potassium.
Kalium berguna untuk menyeimbangkan cairan dalam tubuh. Terlalu banyaknya cairan yang tertahan dalam tubuh dapat menyebabkan kaki kita menjadi bengkak.

* Antioksidan.
Mangga pun merupakan sumber beta-karoten dan vitamin C. Beta-karoten adalah zat yang di dalam tubuh akan diubah menjadi vitamin A (zat gizi yang penting untuk fungsi retina). Beta-karoten (dan vitamin C) juga tergolong antioksidan, senyawa yang dapat memberikan perlindungan terhadap kanser kerana dapat meneutralkan radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul-molekul tak stabil yang dihasilkan oleh berbagai proses kimia normal tubuh, radiasi matahari atau kosmis, asap rokok, dan pengaruh-pengaruh lingkungan lainnya. Radikal bebas secara tidak langsung akan mengakibatkan terhambatnya perkembangan janin. Tentunya radikal bebas sukar kita hindari, oleh sebab itu antioksidan sangat penting dikonsumsi. Vitamin A sangat baik untuk perkembangan organ penglihatan janin kita.

* Sumber energi.
Buah mangga mengandungi gula yakni sukrosa dan karbohidrat yang baik untuk sumber energi sehingga gula darah kita menjadi stabil. Buah mangga dapat dijadikan snack yang sehat. Snacking penting untuk menjaga kestabilan gula darah dan menjaga agar suasana hati kita lebih stabil.

Hal yang perlu diperhatikan dalam memilih buah mangga yang baik adalah pilihlah buah mangga yang tidak terlalu lembek dan tidak berbau terlalu menyengat. Tapi hati-hati bagi wannabe-moms yang memiliki gangguan pada perut. Anda lebih baik memilih buah mangga yang sudah matang kerana mangga muda memiliki tingkat keasaman tinggi sehingga mungkin berisiko mengiritasi perut.

info : mom(me) world

No comments:

Post a Comment